Jumat, 07 Maret 2014


JAKARTA, kabarbisnis.com: Beras organik Indonesia rupanya tergolong berkualitas bagus. Setidaknya, dalam sebuah perlombaan beras internasional, untuk sementara beras organik Indonesia sudah masuk empat besar dunia.
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengungkapkan, beras jenis organik Indonesia sudah memasuki semifinal dalam kompetisi beras terbaik dunia. Beras organik itu dibudidayakan di Bali dan Tasikmalaya.
"Ini beras organik Indonesia sekarang sudah sampai semifinal dalam kompetisi produk organik terbaik di Amerika Serikat. Mudah-mudahan akhir Juni ini keluar hasilnya apakah dia bisa jadi juaranya atau tidak. Tapi sampai sekarang dia sudah masuk ke semifinal itu merupakan peluang," ujar Bayu di Jakarta, Selasa (12/6/2012).
Bayu menuturkan, posisi tersebut merupakan peluang sebagai apresiasi pasar ekspor terhadap produk Indonesia, terutama beras. "Kalau dari Indonesia belum banyak, dan itu beras-beras yang sangat premium, beras organik yang mahal. Dan yang memang pangsa pasar dan konsumen-konsumennya itu khusus. Tapi menurut saya ini sebuah prestasi," ujarnya.
Meski begitu, menurut Bayu, posisi tersebut bukan berarti akan menjadikan komoditas beras organik tersebut sebagai target ekspor. Namun, menurut Bayu, hal itu bisa lebih mengangkat citra Indonesia di mata dunia.
"Saingan seluruh dunia yang ikut kompetisi sekitar 28 negara. Beras itu namanya, Indonesian Volkanic Rice, keren kan namanya," pungkasnya. kbc11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar