Selasa, 11 Maret 2014

Berbagai jenis Beras Mancanegara


Berbagai jenis Beras Mancanegara

Di negara kita beras adalah makanan pokok yang selalu ada di dapur para ibu, beras adalah makanan pokok yang tidak bisa lepas dari perut orang Indonesia. Ternyata selain di Indonesia, di berbagai belahan dunia, ada jenis beras yang perlu kita ketahui agar wawasan kita semakin luas tentang berbagai macam kuliner. Berikut jenis beras yang wajib Anda ketahui.

  1. Beras Basmati.  Jenis beras ini banyak tumbuh di India dan Pakistan, istimewanya lagi beras ini berbulir panjang dan berbau harum daun pandan. Saat beras ini matang teksturnya saling memisah tapi bukan pera. Hal ini disebabkan karena kandungan amilosa yang tinggi dan dapat memanjang 3 kali lebih panjang dari ukuran aslinya.
  2. Beras Jasmine . Beras ini berasal dari Thailand. Jenis beras ini ada yang hitam. Beras ini termasuk beras terbaik di dunia berkat aroma dan rasanya. Saat sudah matang, beras ini sangat pulen meski tidak lengket dan sesuai dengan namanya beras ini beraroma jasmine yang lembut.
  3. Beras Api.  Kalu jenis ini banyak tumbuh di Spanyol, terutama banyak tumbuh di Calasparra yang menjadi tempat terpopuler untuk tumbuh. Beras ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap air namun tekturnya tetap terpisah. Pada saat matang uniknya ukurannya bukan memanjang, melainkan melebar.
  4. Beras Arborio.  Jenis beras ini banyak tumbuh di Italia. Warnanya hampir sama dengan warna susu. Namun beras ini mampu menyerap banyak air namun saat matang beras ini tidak akan hancur walau dimasak dalam jangka waktu yang lama. Tekstur beras ini creamy bahkan nyaris chewy.
  5. Beras Jepang.  Di jepang beras ada 2 jenis, yaitu bulir pendek dan bulir panjang, dalam bahasa jepangnya hakumai dan genmai. Semua jenis berasnya sangat pulen. Yang paling banyak disukai karena sering di pakai untuk sushi adalah beras hakumai karena beras ini lengket dan tidak mudah terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar